Selasa, 20 Februari 2018

Gejala Penyakit Tifus Pada Anak

Gejala Penyakit Tifus Pada Anak - Gejala tipes bisa datang secara tiba-tiba, bisa juga datang secara bertahap dalam kurun waktu beberapa minggu. Jika tidak diobati, gejala tipes akan memburuk seiring waktu. Memburuknya kondisi gejala tipes yang tidak diobati akan disertai juga dengan kemunculan ruam berbintik merah di dada, berat badan menurun, serta perut kembung.

Penyakit tipes bisa menjadi penyakit yang cukup berbahaya bagi kesehatan, terutama apabila penderitanya tidak segera mendapatkan pengobatan. Penyakit tipes merupakan penyakit yang tidak memandang usia, hal ini berarti baik orang dewasa maupun anak – anak bisa mengalami penyakit ini, termasuk bayi yang sistem kekebalan tubuhnya belum berkembang sempurna.

Gejala Penyakit Tifus Pada Anak
Gejala tipes pada anak sama dengan orang dewasa, baik dari durasi berlangsungnya demam, tanda-tandanya, maupun cara penanganannya. Gejala pada tipes atau demam tifoid bisa ringan maupun berat, tergantung kepada kondisi kesehatan, usia, serta sejarah vaksinasi penderita.

Dalam istilah medis disebut sebagai demam tifoid adalah penyakit menular yang terjadi karena infeksi bakteri Salmonella typhi. Tipes dapat menular dengan cepat, infeksi dan demam dapat terjadi pada saat seseorang memakan makanan atau minuman yang sebelumnya telah terkontaminasi oleh bakteri .

Yang dapat berasal dari sejumlah kecil tinja yang terdapat pada air yang tercemar atau pun tangan yang tidak dicuci bersih dengan sabun saat menyentuh makanan. Oleh karena itu penyakit ini sangat berhubungan dengan sanitasi lingkungan dan kebersihan pribadi seseorang.

Gejala Tipes Pada Anak yang Perlu Dicermati
  1. Pada umumnya gejala tipes akan mulai muncul pada waktu 1 hingga 3 minggu setelah tubuh terinfeksi.
  2. Demam tinggi (mencapai 40°C)
  3. Sakit perut dan bisa disertai dengan diare
  4. Merasa lemah, lelah, dan tubuh pegal-pegal
  5. Sakit kepala
  6. Nyeri tenggorokan
  7. Sembelit
  8. Kehilangan nafsu makan
  9. Pembesaran hati dan limfa
  10. Munculnya lapisan di lidah

Apabila gejala tipes pada anak telah muncul, bersiaplah untuk segera memerangi penyakit ini. Langkah-langkah penanganan untuk penderita tifoid dijalani melalui dua tahap. Langkah pertama, penderita harus mendapatkan perawatan di rumah sakit. Setelah itu, disarankan untuk melanjutkan perawatan di rumah sebagai langkah penanganan kedua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar