Rabu, 02 Mei 2018

Pengertian Penyakit Stroke

Pengertian Penyakit Stroke - Stroke adalah kondisi yang terjadi ketika suplai darah ke otak terganggu atau berkurang setelah blok (stroke iskemik) atau pembuluh darah yang pecah (stroke hemoragik). Tanpa darah, otak tidak dilengkapi dengan oksigen dan nutrisi, menyebabkan sel-sel mati di beberapa area otak. Kondisi ini menyebabkan bagian-bagian tubuh yang dikendalikan oleh area-area otak yang rusak menjadi tidak berfungsinya. https://www.goldengamat.id/obat-stroke

Stroke adalah keadaan darurat medis karena sel-sel otak bisa mati dalam beberapa menit. Intervensi cepat dapat meminimalkan tingkat kerusakan otak dan kemungkinan komplikasi.

Gejala Penyakit Stroke

Menurut penelitian dasar yang dilakukan oleh Departemen Kesehatan pada tahun 2013, ada lebih dari 2 juta orang di Indonesia, dimana 12 orang terkena stroke. Persentase tertinggi berasal dari provinsi Sulawesi Selatan. Selain itu, stroke juga merupakan penyebab utama kematian di Indonesia, dengan lebih dari 15% kematian di Indonesia akibat stroke. 


Stroke iskemik lebih umum daripada hemoragik tetapi pembunuhan hemoragik lebih sering daripada stroke iskemik. Tekanan darah tinggi, diikuti oleh diabetes dan kolesterol tinggi adalah kondisi yang paling sering meningkatkan risiko serangan jantung di Indonesia. Jelly Gamat Emas

Penyebab Penyebab Stroke

Sekitar 80% stroke adalah jenis stroke iskemik. Stroke iskemik terjadi ketika pembuluh darah arteri yang membawa darah dan oksigen ke otak mengalami penyempitan atau terhambat, sehingga menyebabkan aliran darah ke otak sangat berkurang. Kondisi ini disebut juga dengan iskemia. Stroke iskemik dapat dibagi lagi ke dalam 2 jenis, di antaranya:

  • Stroke trombotik, yaitu stroke yang terjadi ketika gumpalan darah terbentuk di salah satu pembuluh darah arteri yang memasok darah ke otak. Pembentukan gumpalan darah ini disebabkan oleh timbunan lemak atau plak yang menumpuk di arteri (aterosklerosis) dan menyebabkan menurunnya aliran darah.
  • Stroke embolik, yaitu stroke yang terjadi ketika gumpalan darah atau gumpalan yang terbentuk di bagian tubuh lain, umumnya jantung, terbawa melalui aliran darah dan tersangkut di pembuluh darah otak, sehingga menyebabkan arteri otak menyempit. Jenis gumpalan darah ini disebut embolus. Salah satu gangguan irama jantung, yaitu fibrilasi atrium, sering menyebabkan stroke embolik.


Pengobatan Penyakit Stroke 

Penyakit stroke dapat disebabkan oleh beberapa faktor di antaranya faktor resiko perilaku dan resiko medis. Faktor resiko medis yang dapat memperparah kondisi penyakit stroke adalah penyakit hipertensi, kolesterol, arteriosklerosis, gangguan jantung, faktor keturunan dan migren. Namun untuk faktor yang paling beresiko menyebabkan penyakit stroke adalah hipertensi dan arteriosklerosis.

Faktor resiko perilaku juga dapat menyebabkan penyakit stroke yang disebabkan karena pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat seperti kebiasaan merokok, minum alkohol dan senang mengonsumsi makanan cepat saji. Selain itu faktor resiko perilaku juga bisa dipengaruhi karena kurangnya gerak atau olahraga dan suasana hati yang sering merasa tidak nyaman. Mitoha Jelly Gamat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar