Selasa, 20 Februari 2018

Faktor Penyebab Penyakit Tifus

Faktor Penyebab Penyakit Tifus - Penyakit tipes disebabkan oleh bakteri salmonella typhi. Bakteri salmonella typhi dibawa oleh lalat dan menyebar di tempat yang telah dihinggapi. Jadi ketika anda makan makanan yang kotor terkadang menjadi salah satu faktor pemicu dan penyebab penyakit tipes (tifus) ini. 

Penyakit tipes bisa dimasukan dalam kategori penyakit menular, walaupun proses penularannya tidak secara langsung (kontak fisik). Penularan penyakit tipes bisa melalui makanan yang dimakan secara bersamaan oleh penderita tipes dengan orang lainnya. Bakteri salmonella typhi penyebab penyakit tipes tersebut bisa berpindah melalui media makanan tersebut.

Faktor Penyebab Penyakit Tifus
Ada beberapa hal yang menyebabkan terjadinya penyakit tipes. Pertama dari makanan dan minuman yang sudah dihinggapi lalat atau terkontaminasi bakteri salmonella typhi. Selain itu penyakit tipes juga bisa disebabkan oleh penularan bakteri melalui media makanan, misalnya makan atau minum yang sama dengan penderita penyakit tipes

Itulah beberapa faktor pemicu dan penyebab penyakit tipes (tifus) yang paling banyak ditemukan. Penyakit tipes ini adalah jenis penyakit menular, so anda harus berhati-hati berada di dekat penderita walaupun penularannya tidak melalui kontak fisik, melainkan melalui media makanan atau minuman.

Tinja yang mengandung bakteri Salmonella typhi adalah sumber utama penularan tifus/tipes. Tinja ini diproduksi oleh orang yang lebih dulu telah terinfeksi bakteri Salmonella typhi. Di negara seperti Indonesia, persebaran bakteri Salmonella typhi biasanya terjadi melalui konsumsi air yang terkontaminasi tinja yang terinfeksi tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar